Akhirnya, setelah beberapa lama gak bisa posting, sekarang bisa posting lagi, I miss this moment so much hehehe :-). Jadi, waktu tanggal 19-21 November 2010 kemaren, ada site visit ke Proyek Waduk Jatigede dan Proyek Jalan Tol Semarang-Solo. Jarang-jarang loh bisa site visit alias “liburan” nih sepertinya hahaha :lol:. Apalagi klo udah tingkat IV, untuk nyocokin jadwal antar subjur aja susah banget, sering lah kuliahnya bentrok ini bentrok dengan itu, ya sudahlah ya. Tapi dengan alasan site visit atau kunjungan lapangan ini, semua anak dari bebagai subjur baik Struktur, Geoteknik, Transportasi, Management Rekayasa Konstruksi, dan Air, bisa pergi bareng untuk site visit bareng-bareng dengan mengatasnamakan “Kunjungan Lapangan Program Sarjana Teknik Sipil ITB” :P. Ini merupakan bagian dari mata kuliah Metode dan Peralatan Konstruksi (MPK).
Proyek Waduk Jatigede
Hari pertama kita melakukan perjalanan dari Bandung, klo gak salah sekitar pukul 7.30 baru berangkat dari halaman kampus Ganesha, klo gak salah pukul 13.30 baru sampai di lokasi proyek, maaf ya saya tidak terlalu concern dengan jam apalagi agak-agak pusing dan mabok di bus secara klo jalur selatan itu kan jalannnya belok-belok dan naik-turun :-(, tentunya di tengah jalan ada break dulu buat sholat Jum’at dan makan siang. kita sampai di lokasi proyek tepat ketika cuaca terik dan panas hahahah :lol:. Sesampainya di Proyek Waduk Jatigede kita langsung disambut dan diadakan presentasi tentang proyek waduk Jatigede dari Consortium of Indonesian Contractor (CIC) yang beranggotakan PT. Waskita Karya, PT. Wijaya Karya, PT. Pembangunan Perumahan. Berikut merupakan sambutan dan acara presentasi yang dilakukan dan Pak Bimo dosen MPK kita yang mengenakan kemeja biru.
Oh iya, foto-fotonya juga diambil dari Canon A3100 IS terbaru lho heheheh :P, pengalaman pertama nih jepret sana jepret sini. Nah, isi presentasinya kira-kira adalah gambaran umum dari Proyek Waduk Jatigede itu sendiri.
Gagasan pembangunan waduk Jatigede diajukan pertama kali pada tahun 1963. Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan beberapa study dan detail design. Kegiatan pembangunan fisik waduk yang telah dilakukan sampai saat ini adalah dapat dirinci sebagai berikut :
- Pembangunan infrastruktur resettlement Jatigede di 12 lokasi.
- Pembangunan Base Camp
- Pembagunan access road Tolengas Jatigede
- Pembangunan terowongan pengelak
Pembangunan waduk Jatigede memiliki masa konstruksi yaitu dari 15 November 2007 hingga 30 November 2013. Waduk Jatigede merupakan waduk yang membendung Sungai Cimanuk. Sungai Cimanuk memiliki fluktuasi debit dengan rentang yang sangat besar yaitu memiliki Q max = 1004 m3/detik sedangkan Q min = 4 m3/detik sehingga memiliki rasio sebesar 251. Debit tersebut merupakan hasil pengukuran dari Bendung Rentang. Potensi air di Sungai Cimanuk rata-rata sebesar 4,3 milyar m3/tahun dan hanya dapat dimanfaatkan hanya 28% saja dan sisanya mengalir saja ke laut tanpa dimanfaatkan karena belum adanya waduk.
Sistem Irigasi Rentang sendiri memiliki luas 90000 Ha yang sepenuhnya mengandalkan pasokan air dari Sungai Cimanuk (river runoff) sehingga pada musim kemarau selalu mengalami defisit air irigasi yang mengakibatkan kekeringan. Hal ini juga menyebabkan krisis ketersediaan air baku untuk keperluan domestik, perkotaan, dan industri di wilayah hilir Sungai Cimanuk yaitu di sepanjang Pantura CIAYU. Oleh karena itu, pembangunan waduk Jatigede perlu segera direalisasikan untuk mengatasi krisis air tersebut, baik untuk menjamin ketersediaan air Irigasi Rentang dan wilayah Pantura CIAYU.
Pembangunan Waduk Jatigede diutamakan untuk meningkatkan produksi padi dengan memanfaatkan semaksimal mungkin jaringan irigasi yang telah ada (sistem irigasi Rentang). Irigasi merupakan primary benefit sehingga perhitungan volume waduk didasarkan kepada kebutuhan air irigasi. Tenaga listrik merupakan secondary benefit sehingga pelepasan debit air dari waduk didasarkan pada kebutuhan air untuk irigasi.
Pihak–pihak yang terlibat dalam proyek ini adalah :
- Employer : Menteri PU
- Employer Representative : SNVT Waduk Jatigede
- Supervision Consultant : Konsultan Nasional (PT. Indra Karya, PT. Mettana, PT. Tata Guna Patria, PT. Wiratman, PT. Indah Karya)
- DED Consultant : SWHI (dari China)
- Contractor : Kontraktor nasional yang tergabung di dalam Consortium of Indonesian Contractor (CIC) yang beranggotakan PT. Waskita Karya, PT. Wijaya Karya, PT. Pembangunan Perumahan. Selain itu, terdapat juga Kontraktor dari China yaitu Sinohydro.
Nilai kontrak proyek untuk konstruksi ini sebesar :
Foreign Currency : US$ 144.067.642
Local Currency : Rp 841.099.084.442
Jadi total nilai kontraknya dalam US$ : US$ 239.537.036
Nilai di atas belum termasuk ke pembangunan jalan akses dan infrastruktur lainnya di dalam kawasan Waduk Jatigede. Lumayan besar ya uangnya heheh 😆
Proses konstruksi pada bangunan waduk utama melibatkan berbagai macam alat dan kendaraan berat, tapi sepertinya kaya berkunjung ke lokasi pertambangan juga jadinya :-). Banyak kendaraan besar yang lalu-lalang.
Sungai yang dibendung merupakan Sungai Cimanuk yang mengalir dan berhilir ke Laut Jawa.
Ternyata bukan mahasiswanya aja yang hobi ngambil foto-foto, dosennya pun suka ngambil foto-foto :lol:. Pak Bimo, dosen mata kuliah Metode Peralatan Konstruksi kita, sedang mengambil gambar dari permukaan tanah yang memiliki sudut yang cukup curam.
Mixing plant yaitu merupakan tempat untuk memproduksi campuran beton untuk keperluan konstruksi dam atau waduk itu sendiri.
Proses pekerjaan grouting yang sedang dilakukan oleh para pekerja konstruksi dengan dibantu berbagai alat. Pekerjaan grouting merupakan pekerjaan memasukan bahan yang masih dalam keadaan cair untuk perbaikan tanah, dengan cara tekanan, sehingga bahan tersebut akan mengisi semua retak-retak dan lubang-lubang, kemudian setelah beberapa saat bahan tersebut akan mengeras, dan menjadi satu kesatuan dengan tanah yang ada. Beberapa bahan yang dimasukkan ke dalam tanah untuk pekerjaan grouting :
- Campuran semen dan air
- Campuran semen, abu batu dan air
- Campuran semen, clay dan air
- Campuran semen,clay, pasir dan air
- Asphalt
- Campuran clay dan air
- Campuran bahan kimia
Pengertian dan penjelasan detil pekerjaan grouting ini dikutip dari http://sanggapramana.wordpress.com
Selain itu, ada juga pemasangan wiremesh yaitu kawat baja yang berbentuk seperti jaring ikan yang berfungsi untuk memperkuat tanah yang berada di kondisi kemiringan.
Selain itu, ada pekerjaan bangunan Spillway yaitu saluran pelimpah bendungan.
Inilah susana ketika para mahasiswa berkunjung hehehe :lol:, tetep ada yang bersiap-siap mengambil pose untuk berfoto.
Itu dulu yang bisa dishare, nanti dilanjutin ke Proyek Jalan Tol Semarang-Solo. 😉
To be continued heheheh 🙂
Related Post :
wah, pasti seru sekali. saya juga sama teman2 kampus pernah melakukan kunjungan seperti di atas – di pusat2 pembangkit tenaga listrik seperti PLTA dan PLTPB (panas bumi) sampai gardu2 distribusi tenaga listrik. Terkadang saya dan teman2 terlalu sibuk narsis jadinya lupa deh kalau setelah itu harus buat laporan pengamatan. 🙂
Bener banget, sibuk bernarsis ria jadi lupa nyatet hal-hal penting tentang proyeknya hahaha 😆
hm…. proyek…
bingung nih mau komen apa. hehe
haha, persis kayak gambar foto profilnya… hehe 🙂
moga sukses aja ,,,,
ditunggu lanjutannya ya.. 🙂
boleh tuh dipinjem kameranya mas…hehe
Wouw……,menakjubkan sekali tulisanmu bang, saya tu serasa kayak insinyur za. hhe
Janagan panggil abang ah serasa tua, kita seumuran kayanya hehe 😆
hhe…., kayaknya emang harus gitu juga ya, biar lebih keliatan akrab. 😆
keren… waduk ya… mau mau…
wuih mantap jg yaa pembangunannya 😀
tukaran link yuk,, boleh gak ??
blog aku: cepplux.blogspot.com dengan nama Tips and Info
kalo boleh tolong komen dan konfirmasi blog aku yaw,,,
salam kenal,, dan terimakasih…
saya tunggu kunjungan kawan…
Linknya dah dipasang, makasih dah berkunjung 🙂
lama bgt masa konstruksinya ya, 2007-2013…habis berapa duit tuh..hihihi..
Hehehe, sebenernya ada nilai proyeknya tapi belom dicantumkan nanti di update deh hehehe 😆
Wah lama gak posting….akhirnya muncul dengan poto2 dr kamera nu anyar tea… 😀
Lumayan nih nambah2 ilmu (meskipun gak ngerti semua), sekali2 biar berasa jadi mahasiwa ITB 😛
saya ngilu liat dosen yg ambil poto di tanah curam itu, kalo nggelundung gimana coba??
salam saya mas
Heheh untungnya gak ngegelinding ya heheh 😆
Asik nih jalan-jalan ke proyek..
Wew… menarik sekali kisah site visit-nya. Ditunggu edisi berikutnya. Mudah2an saya nggak kaget begitu tahu nilai proyeknya berapa 🙂
cihuyyy….akhirnya ada postingan baru dgn hasil foto dr kamera baru juga 🙂
duh, berapa banyak biaya yg dihabiskan utk membangun dam tsb ya Lucky.
kebayang nanti Lucky kerjanya kayak gini juga ya kalau dah selesai kuliah ? 🙂
ada asiknya , ada acara jalan2 juga ya 🙂
salam
Wah, langsung menyaksikan proyek besar 🙂
saya menunggu ulasan tentang TOL SEMARANG -SOLO
soalnya saya termasuk yang berharap segera selesai
maklumlah, punya jadwal rutin semarang – solo..
hehehe… ditunggu kabarnya Bung..
salam sukses
sedj
nice artikel. artikel seperti ini menarik,mas. sekalian cerita jalan2nya. sekalian share ilmunya. ditunggu lanjutannya ya. makasih.
Sip, kalo acaranya sukses, saya ikut senang…. 🙂
Thanx ya Asop heheh 🙂
mantap postingannya gan….sukses selalu……….
Thanx ya 🙂
lah bejalan blum proyeknya?
Udah mas lagi progress 🙂
wow benar2 memperhatikan materi waktu ke lapangan nih kayaknya..? ato nyontek booklet? 😀
saya udah lupa2 deh pas kemaren plant tour
Tau aja, ada juga sih sebagian yang ngambil dari booklet… 😆
nyari tugas waduk malah nemu punya ni orang,,,hahahahah
Heheh nyasar ya di 🙂
wah,, sampai se detail itu ya mas.. saya klo kulap kerjaan nya ya poto2 saja… hehe..
btw,, waduk nya berkapasitas berapa mas?
Wah mas angkanya gak tahu pasti, heheh 🙂 Lupa nyatet
Artikel yang menarik buat menambah wawasan, salam selalu dari pekalongan. maaf baru bisa berkunjung kembali
enak tuh jalan2 sambil belajar..kalo belajar di kelas terus bosen juga lama-lama
ya kaya saya ini..dah susah jalan2 neh..
manfaatin waktu di kampus mas..kalau sudah kerja waktu jadi kerasa sempit
hmm, jadi penasaran nih proyeknya… 😀 nice info..
hahahhaaaa…..trnyata ada jga yg ngbahas tntang pmbangunan bndungan JTG (pnggilan kbiasaan tmn2 wkt pkl dsna…)
Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Sudah lama sy dengar pembangunan yg menyangkut Jatigede. Penasaran ingin tahu langsung ke lokasi namun, rencana tinggal rencana yg slalu gagal pergi karena berbagai macam halangan. Iseng2 LogIn ke Twitt, nemuin nama Lucky dan dibawahnya ada URL blog WP. Tak banyak pikir, sy coba klik dan salahsatu isinya mengupas tentang Pembangunan Jatigede. Alhamdulillah, untuk sementara rasa penasaran sy sedikit berkurang dengan melahap tulisan Bang Lucky. Trim’s atas karyanya, semangat terus untuk mengangkat hal2 yg perlu diketahui publik, sy sangat terkesan lihat foto2 yg seolah bercerita tentang lingkungan di sana (Jtgd). Kalo dipikir, bukannya berkurang rasa penasaran ini, setelah memperhatikan beberapa foto, malah jadi nambah gede rasa penasaran dan ingin segera membuktikan bagaimana lokasi asli sebenarnya. Ah… dasar Bang Lucky, bikin tambah penasan sy aja…..
Saya seorang sejarawan, ingin bertanya kepada teknokrat dan teknolog apa proyek ini sudah dikaji dampak sosialnya? Berapa situs sejarah yang ditenggelamkan? Tks.
How did you obtain the ideas to publish ““Proyek Waduk Jatigede dan
Proyek Jalan Tol Semarang-Solo Seksi I (Part 1) | Luckydc’s Blog”? Thanks for the post ,Ute
Wonderful goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely magnificent. I really like what you’ve acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you
say it. You make it enjoyable and you still take
care of to keep it wise. I can not wait to read much more from you.
This is really a terrific web site.
Salam Kenal ….gada bina usaha