Arti Seorang Sahabat


Pada hakekatnya manusia diciptakan sebagai makhluk individual dan makhluk sosial. Nah di dalam kehidupan dan lingkungan sosial inilah manusia bersosialisasi🙂. Lingkungan sosial kan bisa bermacam-macam ada sekolah, kampus, kantor, dan bahkan dunia ini sebenernya adalah lingkungan sosial dalam skala besar yang terdiri dari berbagai macam negara yang ada di lima benua, ya gak sih?….😛

Di dalam lingkungan tersebut pula kita sebagai manusia menemukan berbagai macam orang. Di sinilah kita mulai mengenal yang namanya teman. Dari mulai TK-SD-SMP-SMA sampe kuliah sekarang pasti semakin luas lingkungannya semakin beragam karakter juga yang kita temukan *itu sih yang saya rasain, jadi curhat nih :mrgreen:*.  Apalagi sejak kuliah, saya serasa ada di miniatur Indonesia mini, padahal ini di kampus lho. Tapi faktanya emang di kampus saya ini anak-anak dari seluruh pelosok Indonesia ada… Klo dulu zaman-zamannya sekolah TK sampe SMA itu, ya pergaulannya terbatas anak-anak itu aja dan secara garis besar relatif sama karakter orang-orangnya. Sejak kuliah, saya menemukan teman-teman yang latar belakangnya bermacam-macam ada yang dari Aceh, Nias, Medan *alias Batak*, Padang, Sunda, Jawa *ini emang paling banyak secara tinggal di Pulau Jawa heheh :mrgreen:*, Bali, Kalimantan, dan Tanah Toraja. Dan pastinya juga dengan berbagai macam dialek bahasa daerahnya masing-masing. Seru juga ternyata bahasa dan dialek bahasa lokal yang ada di Indonesia, lucu-lucu dan unik-unik. Tuh kan hampir dari Sabang sampe Meruke ada di sini :P…

Back to topic, dari berbagai macam teman yang ada pasti memiliki karakter bermacam-macam pula. Karena manusia itu unik. Bahkan anak kembar sekalipun engga bakalan identik 100 %, setuju?…. heheh:mrgreen:. Hmmm… dari banyak teman pasti kita kita gak bakal cocok sama semuanya dong, ada yang kita merasa nyaman dekat dengan dia atau juga ada yang tidak.

Teman yang biasnya kita nyaman berada di sampingnya, bisa sharing *sharing suka maupun duka tentunya :-)*, dan nyambung ngobrolnya sama kita itulah teman yang bisa dijadikan sahabat.  Proses dari temen menjadi sahabat untuk setiap orang pasti beda dong ya. Terus sebenernya apa sih definisi sahabat itu?. Menurut saya sahabat itu ya teman dekat * jawaban simplenya sih heheh :mrgreen:*

  • Sahabat itu : temen yang bisa nerima kelebihan dan kekurangan kita apa adanya
  • Sahabat itu : mau berkata jujur dengan keadaan kita yang sebenernya
  • Sahabat itu : dapat berbagi dengan kita dalam keadaan senang maupun susah
  • Sahabat itu : membuat hidup kita lebih bermakna dan berarti

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri. Apa yang kita alami demi persahabatan kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. Persahabatan sering didera oleh cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan dapat bertumbuh dan berkembang dengan adanya cobaan tersebut.

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur – disakiti, diperhatikan – dikecewakan, didengar – diabaikan, dibantu – ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Mungkin itulah arti sahabat bagi saya, heheh🙂

Postingan ini untuk meneruskan award Arti Sahabat yang saya dapat dari Brotoadmojo.

Award ini diteruskan kepada :

Bagi yang mendapatkan award ini silahkan untuk meneruskannya kepada sahabat-sahabat terbaik Anda, dan jangan lupa “Apa Arti Sahabat Bagimu?”

Related Post :


Tentang Lucky dc

Civil Engineering Student
Pos ini dipublikasikan di On My Mind. Tandai permalink.

80 Balasan ke Arti Seorang Sahabat

  1. hudaesce berkata:

    Aku pertamax……………..,
    wah, hari ini aku bersyukur dan bahagia banget dapat kejutan kayak gini. sampe2 gak bisa diungkapin dengan kata2 deh pokoknya. (**bahasanya……)
    Thanks kawan tuk pemberian award nya.

  2. Dani berkata:

    bersyukur kita masih banyak orang yg hidup. klo g mesti kita bakal ribet sendiri ngurus apa, ya kan?😛

    oh ya, cara ambil awardnya gmn? aku juga g pernah sih dapet award, tapi pernah sekali oleh mas Usup sekali, tapi blm di ambil, hehe😆

  3. arman berkata:

    setuju ama arti sahabat yang ditulis…
    sahabat emang penting. teman gak perlu banyak2, yang penting punya sahabat…

  4. hellgalicious berkata:

    sampai saat ini saya masih blum dapet sahabat yang benar2 sahabat *halah

  5. pututik berkata:

    kalo arman bilang nggak perlu banyak teman, terbalik. teman harus sangat amat banyak dari situ kita akan menemukan arti persahabatan yang baik tulus ikhlas. Akhirnya kita pun akan mendapatkan sahabat yang sesungguhnya.

  6. Mvstova berkata:

    menurut saya sahabat itu orang yg ga perlu ada jarak saat lagi sama2, bisa saling blak2an..😀

    selamat buat awardnya.

  7. Brotoadmojo berkata:

    semoga kita selalu mendapatkan sahabat terbaik dalam hidup kita…🙂
    terimakasih Mas

  8. maminx berkata:

    Salam

    Wah sesuai ya seperti yang bang luckydc comment di lapak saya, bahwa kita itu mahkluk sosial. Apalagi dengan adanya sahabat yang ada saat suka dan duka, rasanya lengkap gitu ya, ketawa ketawa bcanda dll.😀

  9. Bali Property berkata:

    hemm.. maknanya bagus banget,
    sahabat memiliki arti yang dalam, dan kadang setiap orang juga berbeda-beda dalam memaknakan arti sahabat.
    ada yang mengatakan sahabat teman sejati juga.
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

  10. gerhanacoklat berkata:

    selamat atas awardnya ya lucky😀

  11. yuyuk berkata:

    sahabat itu menentramkan jiwa😀 … makasih sudah mampir..salam kenal

  12. ummurizka berkata:

    Duh senengnya jika mempunyai sahabat sejati…selamat ya atas awardnya.

  13. sahabat itu orang yg mencintai kita lebih dari kekasih …

    Semoga persahabatan kita tidak lekang oleh waktu dan tidak terbatas oleh ruang

  14. Salam Lucky, I’m visit, “friendship plays important role to advance life. I believe by friendship people in our life will develop the tolerance, peace attitude by which we could help each other, respect and communicate by means of one slogan: “friendship for peaceful life as we are brothers.” Salam🙂

  15. Srex berkata:

    Sahabat sama nggak dg Teman dekat…dekaaaat banget….?
    Ada juga sahabat yg gak tegaan…jd gak berani berkata jujur…karena takut kehilangan persahabatannya itu….parah dah….

    • Lucky dc berkata:

      Oleh karena itu, kita harus saling memahami sahabat kita dengan karakternya masing2 termasuk untuk berkata jujur satu sama lain. Learn all the things togather. Buat perubahan menuju kebaikan di dalam diri masing-masing..😉

  16. Saipuddin berkata:

    wah menyenangkan sekali yang namanya kuliah itu. Mudah-mudahan bisa kuliah sesuai target, yang harus menyelesaikan Sekolah dulu.

  17. fai berkata:

    heemmm gitu yah? tapi gw belom pernah tuh ketemu orang yang mau diajak susah, pengennya diajak seneng doang.

  18. HALAMAN PUTIH berkata:

    Sahabat lebih dari sekedar teman. Seorang Sahabat pasti mau menerima kita walau di saat kita sedang susah atau lagi gak punya. Saling memberi dan menerima. Jangan hanya mau menerima saja…

  19. Kakaakin berkata:

    Mungkin kita menuntut banyak dari seorang sahabat… Sahabat mesti inilah…mesti itulah…
    Namun, sudahkah kita bersikap sebagai seorang sahabat bagi orang lain?😀

  20. Debby berkata:

    Sahabat….saaya punya ga yah?😀

  21. sedjatee berkata:

    melalui komen ini
    kami telah menjadi sahabat bagimu..
    hehehe…

    meski tak saling bertemu
    dunia maya yang tanpa batas
    silaturrahim tetap terpelihara
    salam sukses..

    sedj

  22. BULETIN berkata:

    Ya mungkin dengan kedatanganku ini adalah awal dari persahabatan kita, oya sebelumnya lam kenal aja ya, di tunggu kunjungan baliknya!

  23. volver berkata:

    sahabat adalah orang yang selalu main ama saya😀 hehehe

    btw blogwalking yaah

  24. hpnugroho berkata:

    selamat pagi,
    salam kenal dan semoga ini bisa menjadi awal persahabatan kita …

  25. verosiga berkata:

    sahabat yang selalu mengikuti sedih maupun senang hati kita . .

  26. Pendar Bintang berkata:

    Lho kok postingannya sama yah??
    Tentang sahabat🙂

    Sahabat adalah keluarga buat saya lho…he he he

    Salam persahabatan🙂

  27. Masda berkata:

    Rejeki kita sama temaaaan… gue juga dapet ntuh award keg gitu,😀 tosss!!!

  28. julicavero berkata:

    bagi saya penting bgt kehadiran seorang sahabat disamping kita ya..bisa curhat,dll.

  29. Fadhly berkata:

    Sahabat itu mnjadi bermakna jika saat kita merindukannya, dia juga merindukan kita🙂

  30. nadiafriza berkata:

    sahabat itu ada di waktu susah dan senang🙂

  31. Deq berkata:

    Uhoo~~ Uhoo~~ Sahabat sahabat dan sahabat. Saat ini Saya masih belum percaya sahabat, namun teman yang setia itu yang Saya inginkan🙂

  32. Ditter berkata:

    Woooh, komennya buanyak beneeer… hehe….

    Terkadang kita memang membutuhkan waktu untuk sendiri atau menyendiri. Tapi tetap, kita tidak akan bisa hidup tanpa orang lain, khususnya sahabat. Tetaplah menjadi sahabatku, Sob!🙂

  33. edda berkata:

    sahabat itu buat gw ga bisa digantiin ama pacar skalipun:mrgreen:

  34. ~jayaros berkata:

    *Sahabat itu : dapat berbagi dengan kita dalam keadaan senang maupun susah..*
    saya sangat berharap yg ini, cukuplah bagi saya …🙂

  35. rabbani75 berkata:

    Ya seorang sahabat yang selalu setia dalam suka dan duka

  36. Tari-ssi berkata:

    nyari sahabat gampang2 susah, jadi kudu menjaga persahabatan itu sendiri ya🙂

  37. ardi berkata:

    Sahabat sesungguhnya ialah sahabat yang selalu ada pada saat kita susah

  38. wiradynamic berkata:

    yg plg kena definisi sahabat yaitu orang yang peduli ama kita n berani menegur kita..
    wlaupun teguran itu menyakitkan, tp sebenarnya mreka sangat peduli dengan kita..
    sahabat juga bisa terjalin karena seringnya bersama2 dalam waktu yg sangat lama, wlaupun kadang kita ga sepaham, tp jalinan persahabatan bisa menyatukan semua,,
    teman semasa kecil kita biasanya menjadi sahabat..
    mari jalin persahabatan bro, tukar link yukz..
    link km sekarang juga aku pasang..
    thnx..

  39. Fahmi berkata:

    saya jadi ingat sahabat saya waktu kecil, dari sd,smp,sma saya selalu tinggal di kota yg berbeda.. jadi loss contact deh…..

  40. azaxs berkata:

    setuju mas… semoga kita mendapat dan menjadi sahabat terbaik bagi dan untuk siapa saja..

    salam kenal dan persahabatan🙂

  41. wheiz… dalem banget…

    btw saya sedang cari donasi buat korban merapi. infonya ada di sini http://lambertoes.wordpress.com/2010/10/27/kalau-merapi-bisa-ngomong/ Terima kasih

  42. tiket pesawat berkata:

    setuju mas, dengan artikel di atas.
    sahabat adalah orang yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, karena itu berdasarkan pengalamanku sewaktu SMA.
    meski jarang ketemu tapi kalau ada waktu saya berkunjung ke rumahnya.

  43. Mila berkata:

    Kunjungan sore🙂

  44. easy speak berkata:

    sahabat sejati bisa dilihat dikala kita susah😀

    DIBUTUHKAN SEGERA!!!

    English Tutors Urgently Required

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

  45. Goda-Gado berkata:

    owalah, ujung2nya award to…

    dr semua pengertian yg disajikan sy setuju semua.
    satu pendapat.😀

  46. kangmas ian berkata:

    sudah menggambarkan definisi sahabat mas.. saya juga punya banyak teman, tapi sahabat hanya sedikit ^^

  47. maminx berkata:

    Wah klo udah bahas tentang arti/sahabat itu sendiri, saya selalu bersyukur mempunyai sahabat dari sejak kuliah sampai udah pada sibuk kerja masing-masing, masih sering kumpul-kumpul dan raramean. Pokoknya dengan adanya sahabat kita bakal belajar banyak tentang kehidupan😀

  48. iiN greeN berkata:

    seorang sahabat akan tetap bertahan *disaat kita bilang tinggalkan aku sendiri… (wah, lebay deh bahasanya..🙂 )

  49. foredi gel berkata:

    Sahabat penting banget dan hidup itu indah bisa ada sahabat yang setia.

  50. Erwin ganadi berkata:

    dulu sih teman yg jadi sahabat tapi udah nikah istri adalah sahabat yg paling deket loh.

    Bali Prewedding Photography, Bali Photography, Bali Wedding

  51. johan ZeroSeven berkata:

    sahabat itu “g cuma temen nonnton konser musik indie”,,hehhe

  52. me berkata:

    makes me want to drink alchoholic beverages

  53. Ester Yuliyanti berkata:

    salam kenal…kebetulan blog walking🙂
    nice posting
    “Apa yang kita alami demi persahabatan kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.”

    seneng baca bagian yg ini🙂
    wah, ide bagus juga buat award dan meneruskan posting😀

  54. mampir nich dari jakarta selatan…
    saya suka blog anda. also visit jasa pengamanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s