Warga Muslim Amerika Serikat Banjiri Toko Barang Bekas Menjelang Hari Raya Idul Fitri


Remaja Muslim Amerika juga giat menyumbang bagi warga kurang mampu

Apa yang dilakukan warga muslim Amerika Serikat menjelang Hari Raya Idul Fitri?😆 Apakah ada tradisi mudik dan pulang kampung, membeli pakaian baru untuk dipakai sholat I’ed, atau ada tradisi makan ketupat juga di sana?😕 Berikut merupakan sebuah laporan dari VOA Indonesia.

Mendapatkan pahala sebesar-besarnya di bulan suci Ramadhan merupakan hal yang paling dicari umat Muslim. Selain menjalankan ibadah puasa, umat Muslim umumnya berlomba-lomba memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah tidak saja dalam bentuk uang tapi juga barang. Inilah yang coba dikelola organisasi nirlaba berbasis Islam bernama FAITH, yang akhirnya justru berkembang menjadi toko barang bekas yang paling dicari.

Sejak dibuka lima tahun lalu, toko barang bekas Muslim yang  menyediakan barang bekas namun masih berkualitas di kawasan Herndon Virginia ini saat bulan Ramadhan selalu kebanjiran barang. “Organisasi kami adalah organisasi pelayanan sosial, dimana tujuan utama kami adalah memanfaatkan uang zakat untuk diberikan kepada klien-klien kami.

Ide di balik pendirian toko barang bekas Muslim ini adalah karena masih  banyak orang miskin yang membutuhkan kita di dunia, termasuk di Amerika,” jelas Danuir Mirza. Masih menurut Danuir Mirza, kebanyakan warga Muslim datang satu dua pekan sebelum lebaran tiba dengan membawa sumbangan barang mereka.  Mengingat besarnya jumlah barang yang datang, pengelola toko sampai harus mencari sukarelawan tambahan untuk membantu mereka.  Terlebih karena selama ini para kasir hingga penjaga toko yang bertugas juga merupakan para sukarelawan yang bekerja sesuai kemampuan dan waktu luang mereka. “Saat ini kami juga menyebarkan brosur tentang toko kami, untuk menyebarluaskan informasi.  Kami akan bekerja sebisa mungkin untuk membantu mereka yang membutuhkan,” kata Miriam.

Yang pasti para pelanggan yang kebanyakan warga imigran dengan penghasilan pas-pas-an, tak segan-segan meluangkan waktu mereka untuk mencari barang yang dibutuhkan.  Mereka bahkan tahu persis untuk datang satu atau dua pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri, saat lebih banyak barang sumbangan datang. “Biasanya saya datang tiap enam bulan sekali. Akan tetapi, selama bulan Ramadhan, saya biasanya datang setiap hari Sabtu,” ungkap Luciella, seorang pelangan Faith. Berbagi merupakan salah satu ajaran yang paling sederhana dari Islam. Bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk melaksanakannya.

Begitulah kegiatan warga muslim Amerika Serikat menjelang Hari Raya Idul Fitri😉

Semoga bermanfaat😛

Sumber :

www.voanews.com/indonesian/news

Related Post :

Tentang Lucky dc

Civil Engineering Student
Pos ini dipublikasikan di Internasional. Tandai permalink.

24 Balasan ke Warga Muslim Amerika Serikat Banjiri Toko Barang Bekas Menjelang Hari Raya Idul Fitri

  1. susiloadysaputro berkata:

    Ini ni bedanya..kalo kita ke mall mall cari barang baru,,mereka cukup barang bekas…

    patut dicontoh:-)

    • Lucky dc berkata:

      Hehehe:mrgreen:
      Bener, berarti orang Indonesia konsumtif banget ya🙂

    • Red berkata:

      @susilo: sebenarnya ini bukan hanya kebiasaan warga muslim US, warga lainnya juga begitu. menjelang natal dan tahun baru atau menjelang libur summer biasanya penduduk mengadakan garage sale, yaitu menjual barang2 bekas layak pakai di rumah mereka masing2. kegiatan ini sudah mendarah daging dalam tradisi warga US dan ditiru oleh para pendatang termasuk warga Muslim US juga. ini yg gue perhatiin🙂

  2. ImRoée berkata:

    Mmnn… ini pastinya realita menarik dibalik gedung2 pencakar langit.
    Selamat Hari Haya Idul Fitri dan sukses selalu…!

  3. milimeter studio berkata:

    mengucapkan Selamat Hari Raya Idul fitri 1431 H
    Mohon maaf lahir dan batin…

  4. Tanti berkata:

    Hmm.. di jakarta bukannya ada juga yg jual baju bekas, kl gak salah di psr senen. Tapi banyakan dr kita gak mau pake yg bekas kcuali kepaksa hehehe..
    mohon maaf lahir dan batin ya…

  5. MENONE berkata:

    berjaya terus umat muslim di AMERIKA……………………….. salam

  6. Asop berkata:

    Maklum, muslim di sana kaum minoritas…

    Maap lahir batin ya…😳 ^__^

  7. bundadontworry berkata:

    bisa jadi cerminan utk kita, sebagai bangsa indonesia , yg justru sangat konsumtif setiap kali menjelang idhul fitri
    salam

    • Lucky dc berkata:

      Yup bener bunda, selain dapat dijadikan contoh, konsep mereka untuk menggunakan barang bekas juga dapat meminimalisasi limbah yang dihasilkan dari suatu produk dan menyelamatkan dunia dari kerusakan lingkungan yang semakin parah😦

  8. TuSuda berkata:

    Kalau memang masih layak pakai pasti ada manfaatnya buat sesama yg membutuhkan.

  9. jhepe berkata:

    iya jadi inget cerita sodara, lagian banyak kok orang2 asli usa pada buang2 sofa, kasur, bedcover furnitur lah ya masih bagus2 gitu d sampah furnitur… ya biasanya warga indo sama meksiko yang suka ngambil2in, tapi baru tau nih ada organisasinya…

    • Lucky dc berkata:

      Wahh, orang-orang Amerika udah kaya-kaya kali ya barang-barang masih bagus dibuang-buang:mrgreen:

      • Prima berkata:

        Sebenarnya bukan budaya “buang”, cuma budaya “gak terampil”, fyi, mereka tuh jarang yang bisa perbaiki kursi, semen, ngecet, benerin genteng apalagi nambal ban!😀 Kalo pake jasa service, jatohnya super mahal! jadi mereka mending buang, beli yg baru, kalo indo kan “super kreatif” apa2 dibenerin… *jadi bangga🙂

  10. Prima berkata:

    kalo di US gak bisa konsumtif2! Bangkrut!:mrgreen: banyak kok sebenarnya toko barang second semacam “GoodWill” kita bisa bawa baranng bekas kita kesana, dikasih sukarela, nanti pihak goodwill akan membersihkan, dan melabeli harganya (murah meriah), nanti uang hasil penjualan untuk menggaji karyawan dan sumbangan untuk warga tidak mampu/manula. Nah, kalo saya seringnya belanja ke sana! hahahahhaha… Goodwill hunter! *plus gak pake gengsi!😛

  11. JAYAVO berkata:

    Keren, di US saja kayak gitu:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s