Infrastruktur Jembatan Suramadu Dapat Mendongkrak Perekonomian Madura.


Jembatan Suramadu Pada Pagi Hari

Infrastruktur merupakan isu utama yang kembali banyak diperbincangkan belakangan ini. Bagaimana tidak, semenjak adanya krisis moneter 1998 praktis pembangunan infrastruktur di Indonesia terhenti dan terbengkalai. Setelah satu dekade terakhir, seiring terjadinya pemulihan ekonomi, berangsur-angsur sektor infrastruktur kembali menggeliat. Salah satu proyek besar yang berhasil dirampungkan adalah Pembangunan Jembatan Suramadu. Pembangunan Jembatan Suramadu ini diselesaikan selama 6 tahun. Tepatnya, dimulai dari Breaking Ground pada tanggal 20 Agustus 2003 yang dilakuakan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri yang menjabat Presiden pada saat itu. Dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 10 Juni 2009. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jembatan ini berkisar 4,5-5 Triliun Rupiah.

Mengapa Infrastruktur dibutuhkan❓. Balik ke konsep dan definisi dasar Infrastruktur. Menurut Grigg 1988 definisi infrastruktur adalah :

  • Infrastruktur merupakan sistem fisik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi
  • Infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
  • Infrastruktur berfungsi sebagai mediator antara sistem ekonomi dan sosial dalam tatanan kehidupan manusia dengan lingkungan (alam)

Infrastruktur yang kurang (bahkan tidak) berfungsi akan memberikan dampak yang besar bagi manusia. Sebaliknya infrastruktur yang terlalu berlebihan untuk kepentingan manusia tanpa memperhatikan kapasitas daya dukung lingkungan akan merusak lingkungan tersebut dan pada hakekatnya juga akan merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya (sebagai bagian dari ekosistem). Infrastruktur harus dimengerti dan dipahami fungsinya sebagai suatu alat untuk menata kehidupan manusia dengan memperhatikan alam.
Infrastruktur dan Ekonomi sangat erat kaitannya yaitu :
  • World Bank, 1994 : Pengaruh pertambahan 1% ketersediaan infrastruktur terhadap pertumbuhan PDB/kapita [elastisitas], di berbagai negara, bervariasi antara 0,07 – 0,44
  • Aschauer, 1989 dan Munell, 1990 : Elastisitas di AS mencapai 0,39 dan 0,34 dengan nilai pengembalian investasi 60%
  • Cesar Calderon dan Luis Serven, 2002 : Elastisitas infrastruktur terhadap PDB/tenaga kerja di negara-negara Amerika Latin untuk telepon 0,156, listrik 1,63 dan jalan 0,178

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), pada Triwulan II 2010 struktur perekonomian Indonesia didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 57,5 persen. Data kontribusi PDB pulau-pulau utama di Indonesia terhadap PDB Indonesia dapat dilihat pada grafik berikut :

Oleh karena pertumbuhan ekonomi menjadi kunci penting dalam perkembangan sebuah wilayah, maka diperlukan suatu infrastruktur untuk melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi tersebut. Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu provinsi pintu gerbang Indonesia Timur memegang  peranan penting dalam pertumbuhan industri, perdagangan, dan ekonomi di wilayah Indonesia Timur. Oleh karena itu, jalur transportasi menjadi bagian penting dalam perkembangan roda industri dan roda perekonomian.

Sementara itu, Pulau Madura yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur, mengalami kondisi yang kurang menguntungkan. Laju pertumbuhan ekonomi yang lambat dan pendapatan perkapita tertinggal. Pergerakan jalur transportasi yang terhambat antara Provinsi Jawa Timur dan Pulau Madura membuat pembangunan Jembatan Suramadu dinilai penting dan strategis untuk perkembangan Pulau Madura di masa yang akan datang. Dengan Jembatan Suramadu , yang akan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura melalui jalan darat diharapkan dapat mereduksi waktu tempuh sehingga perkembangan Pulau Madura diharapkan dapat menjadi kawasan ekonomi yang berkembang seperti Pulau Batam dan lainnya yang telah maju. Bahkan ada wacana bahwa Pulau Madura akan dijadikan suatu kawasan industri terpadu dan akan dibangun pelabuhan internasional yang akan menggantikan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang sudah overload sehingga kedepannya pelabuhan yang ada di Pulau Madura dapat menjadi Pelabuhan Hub-Nasional dari kawasan Indonesia Timur ke Pelabuhan Internasional lainnya seperti Pelabuhan Tanjung Priok yang ada sekarang.

Jembatan Suramadu Pada Malam Hari

Semoga membuka wawasan dan bermanfaat…😉

Related Post :

Tentang Lucky dc

Civil Engineering Student
Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan Ekonomi. Tandai permalink.

31 Balasan ke Infrastruktur Jembatan Suramadu Dapat Mendongkrak Perekonomian Madura.

  1. wine16 berkata:

    ya sama sama … thq dah mampir di blog jadul saya … kalau mau tukeran link boleh” aja kuk om … nanti limk om saya taro di link sahabat …
    maaf nee saya panggil om, soalnya saya masih anak kecil yg baru tau tentang blog, saya juga masih umur 17 … he hee …

  2. wine16 berkata:

    Blog anda bagus … tinggal traffic nya aja om di kencengin … he heee … daftar om di alexa traffic …
    http://wine16.wordpress.com/2010/05/21/daftar-blog-di-alexa-menaikkan-traffic-blog/

    • Lucky dc berkata:

      Wine jangan panggil saya om. Saya masih muda kok, kuliah tingkat 4 dan umur saya 21 tahun heheheh….:mrgreen:. Panggil aja Lucky. Thanx ya atas pendapatnya. Saya juga masih belajar ngeblogging,,…
      Caranya gimana ya daftar di alexa. Bisa kasih tau langkah-langkahnya?…😉

  3. susiloadysaputro berkata:

    wah wah…sipil banget ya,,,saya mah elektro mas, ga tau gituan..hehe

    oya buat daftar alexa ni bro,,cuma ngikutin langkah2nya kok,,kaya bikin FB gtu,
    memang daftar alexa bisa bantu banget buat liat perkembangan blog kita:-)

  4. Brotoadmojo berkata:

    dengar cerita dari temanku yang dulu ikut mengerjakan jembatan itu, katanya jembatan suramadu itu megah, sayangnya saya hanya lihat di tv sama gambar🙂
    semoga perekonomian madura bisa berkembang pesat, salam…

    • Lucky dc berkata:

      Untuk sementara Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara… *klo gak salah ya*:mrgreen:. Semoga dalam waktu dekat Pembangunan Jembatan Selat Sunda juga dapat dilaksanakan ya.😉
      Kan keren Indonesia punya jembatan yang sama kaya di luar negri🙂

  5. Amd berkata:

    Saya kok takutnya kalo pas naik motor trus di tengah jembatan bannya kempes, duh, di tengah jembatan ada tambal ban nggak ya?? Hehehe…

  6. Belajar Inggris berkata:

    wah analisanya mantaB🙂

    BTW suramadu juga menyumbang “pergeseran budaya” juga lho🙂

  7. Asop berkata:

    Jembatannya bagus kan?😀

  8. sempulur berkata:

    Semoga Jembatan suramadu dapat menyumbang kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Salam kenal dan semoga sudi menguniungi blog kami.
    Terima kasih

  9. Jabon berkata:

    petani jabon mampir nich,,
    salam….

  10. wiangga0409 berkata:

    ya, salah satu faktor penting untuk percepatan pembangunan adalah dengan membenahi infrastruktur terlebih dahulu.

    nice blog🙂

  11. Ini infonya dapat dari mana mas? atau neliti sendiri? sangar gitu…

    Blog ini juga isinya worth reading semua. bagus, bagus…

    • Lucky dc berkata:

      Terima kasih banyak…😉
      Jadi GR neh …heheh:mrgreen:
      Gak neliti kok, klo neliti kapan nulisnya🙂.
      Browsing2 aja, dan satu sama lain dihubungkan.
      Oncegain Thanx a lot ya,

  12. wine16 berkata:

    emm maaf ea kak baru sempet balez nuih … kmaren” agak sibuk soal nha …
    oh ea … link kk dah wine masukin di border Link Sahabat …
    emmm soal langkah” daftar blog di alexa wine postingin aja deh ea ??
    tar coba cek aja di blog wine …
    oh ea klo mungkin ada yg perlu di tanyain ,,, klo wine bsa jawab pasti wine jawab …
    call aja 085782128473

  13. Abdi Jaya berkata:

    infonya menambah wawasan🙂
    pengen juga melihat jembatan itu, kayaknya itu jembatan terindah di seluruh indonesia ya?

  14. Ade berkata:

    Sip Mas, jempol dah buat Masnya…
    Dan sy jg berharap Madura nantinya maju, coz sy Kacong(anak dlm bhs Madura) Madura, hehehehe

  15. sarip hidayat berkata:

    suramadu is gooood……………..

  16. Ping balik: Jembatan Terpanjang Di Dunia Jiaozhou Bay Dibuka | kaskusus

  17. Nyoman Suantra berkata:

    Jembatan suramadu bagus ya….ada engak rencana buat jembatan jawa bali…..

  18. facebook berkata:

    Appear within 3 to 6 weeks after contact with an unpaid driver behind the wheel.
    Sweaty socks can often contribute to this diet, the skin will show positive results in
    a safe, comfortable outpatient setting. Does Kim need to go to the highest level.

    And, all this can be tried, and if you have a great deal of the Nets.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s